Pegal Linu

Pegal Linu – Keluhan pegal linu umum dikeluhkan. Belum tentu penyebabnya sama. Bisa karena kelewat letih bekerja dan memakai otot, sendi dan urat. Atau bisa juga pegal linu sebagai manifestasi gangguan metabolisme atau kimiawi otot. Penanggulangannya tentu berbeda, tergantung apa penyebabnya. Pegal linu sering terjadi akibat sering dalam posisi membungkuk saat menyapu, menyetrika, dan mencuci piring. Atau duduk miring saat menyusukan anak, atau dibiarkan lengan menggantung karena tinggi meja lebih rendah dari siku tangan sewaktu duduk. Pegal linu normal terjadi bila sebelumnya tidak pernah melakukan pekerjaan fisik. Sebagaimana halnya yang tak pernah bergerak badan atau tidak berolaharaga, keesokan hari akan pegal linu juga kalau mendadak menggiatkan fisik. Dan keluhan akan hilang sendirinya setelah menjadi terbiasa bergiat fisik.

Pegal Linu

Pegal Linu

Pegal Linu

Namun apabila sudah biasa bergiat fisik, tiba-tiba pegal linu tentu ada yang sedang tidak beres dengan tubuh. Untuk itu perlu waktu jeda. Mungkin sedang mau sakit, kondisi badan sedang lemah, bisa jadi sebab kekurangan vitamin dan mineral. Apabila pegal linunya tidak berhubungan dengan bobot pekerjaan, kemungkinan besar tubuh sedang kekurangan vitamin. Umumnya kekurangan vitamin B, khususnya vitamin B1. Kita tahu kebutuhan vitamin B1 dieprlukan tubuh untuk otot sekalin saraf, jantung dan otak. Vitamin ini diperoleh tubuh dari menu harian khususnya nasi. Jika kualitas berasnya sudah kehilangan vitamin B1-nya akibat digiling dan bukan ditumbuk, maka setiap hari tubuh kekurangan vitamin B1. Keluhan dan gejalanya pegal linu juga. Apabila keluhan pegal linu semacam itu mereda dengan menambah suplemen vitamin B1, itu berarti selama pegal linu tubuh menjerit kekurangan vitamin B1. Maka, keliru jika mengatasi pegal linu jenis yang seperti itu dengan diurut, dipijat, datau minum obat atau jamu pegal linu.

Melakukan tindakan pencegahan pegal linu, antara lain adalah :

  1. Membasakan duduk dengan posisi yang benar  dan tidak tegang. Jika duduk dalam waktu lama sebaiknya sesekali menggerakkan badan untuk mengendurkan otot.
  2. Lakukan aktivitas sesuai kemampuan, tidak melebihi kemampuan.
  3. Jangan biarkan mata terlalu lelah
  4. Olahraga secara teratur.

Penyembuhan pegal linu dengan tanaman berkhasiat obat adalah :

  1. 200 gr ubi jalar merah, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 butir pala, 1 ibu jari kayumanis, 10 butir merica, 3 ruas jahe merah, 1 gelas susu segar, gula merah secukupnya. Semua bahan direbus degan 12/2 liter aur, hingga tersisa 1 ½  liter. Airnya diminum dan ubinya dimakan. Bisa juga diolah seperti kolak.
  2. 30 gr daun dewa segar, 30 gr akar sawi langit, 1 ruas temulawak, 25 gr jahe. Semua bahan direbus dengan air secukupnya. Airnya siap diminum.

Kandungan Sidaguri

Kandungan alami yang ada di dalam tanaman herba sidaguri adalah :

  1. Alkaloid
  2. Kalsium oksalat
  3. Tanin
  4. Saponin
  5. Fenol
  6. Asam amino
  7. Minyak terbang
  8. Zat philegmatic yang biasanya digunakan untuk membantu meluruhkan dahak.

Beberapa manfaat sidaguri selain untuk pegal linu adalah:

  1. Membantu meredakan masalah pegal linu
  2. Membantu untuk mengatasi masalah nyeri sendi
  3. Membantu meringankan keluhan rematik
  4. Membantu menurunkan kadar asam urat tinggi
  5. Membantu mengurangi masalah dari flu, demam, masalah radang amandel dan penyakit lainnya.

Di Indonesia tanaman sidaguri hingga kini masih belum banyak dibudidayakan karena tanaman sidaguri merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di pinggir selokan, dan juga pada pinggir sungai serta pada daerah ladang yang memang tidak terurus dengan baik. Selain itu proses regenerasi pada tanaman sidaguri ini terjadi dengan cara yang alami yakni adalah dengan tumbuhnya tunas-tunas yang baru dan juga kecambah yang dihasilkan dari tanaman induknya. Dan proses regenerasi dari sidaguri juga dibantu dengan angin yang akan membawa kecambah-kecambah tadi tumbuh dan kemudian berkembang pada tempat yang lainnya.

Kandungan kimia yang ada di dalam tanaman sidaguri adalah :

  1. Kandungan daun
    kandungan alami yang ada di dalam daun tanaman sidaguri adalah terdapat senyawa alkaloid, kandungan kalsium oksalat, kandungan tanin, kandungan saponin, kandungan fenol, kandungan asam amino dan juga mengandung kandungan minyak atsiri
  2. Kandungan batang
    di dalam batang tanaman sidaguri yang ada di dalamnya adalah kandungan kalsium oksalat serta mengandung kandungan tanin di dalamnya.
  3. Kandungan akar
    Kandungan senyawa yang ada di dalam akar adalah kandungan alkaloid, kandungan steroid, kandungan ephedrine.

Sifat-sifat alami dan biologi yang dimiliki oleh tanaman ini adakah sifat serta karakteristik sebagai salah satu jenis anti radang alami, dan juga mengandung kandungan anti inflamasi. Selain itu mempunyai sifat diuretik alami dan analgesik. Dalam kebiasaan masyarakat dari zaman dahulu, tanaman sidaguri ini sudah sejak lama secara tradisional digunakan untuk membantu mengobati berbagai serangan penyakit misalnya adalah seperti penyakit rematik, demam, disentri, bisul, ketombe dan jenis penyakit yang lain.

Pegal Linu

CARA PEMESANAN

Kapsul Sidaguri Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi / Rematik Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat

 Harga Kapsul Sidaguri 1 Botol Isi 45 Kapsul = Rp.115.000,-

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat:

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Sidaguri, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap

This entry was posted in Sidaguri and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.