Sidaguri

Sidaguri – Sidaguri mempunyai nama daerah yaitu Saliguri atau kahindu. Nama asing tanaman ini adalah sida hemp atau yellow barleria. Ciri-ciri umum dari tanaman sidaguri ini termasuk family malvaceae. Termasuk semak dengan tinggi 2 m. batangnya berkayu, bulat dan berwarna putih kehijauan. Daun tunggalnya berseling, berbentuk jantung, dan ujungnya bertoreh. Pangkal  daun tumpul, tepi bergerigi, berbulu, pertulangannya menjari, dan berwarna hijau. Bunga tunggal, berbentuk bulat telur, terletak di ketiak daun, kelopak hijau muda. Mahkota bulat telur, ujung melengkung, dan berwarna kuning. Daun mengandung alakaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, phenol, asam amino, minyak terbang, zat pthlegmatic untuk expektoran dan lubricant. Batangnya mengandung kalsium oksalat dan tannin. Akarnya mengandung alkaloid, steroid, dan ephedrine.

Sidaguri

Sidaguri

Tanaman Sidaguri

Kondisi tubuh dan riwayat kesehatan setiap orang berbeda antara yang satu dengan lainnya, begitu pula dengan hal pengobatan baik medis ataupun herbal alternatif, reaksinya mengikuti respon tubuh masing-masing orang.

Salah satu manfaat dari sidaguri yakni dapat mengatasi penyakit asam urat atau yang disebut gout merupakan suatu penyakit yang banyak menyerang tubuh pada persendian tulang yang disebabkan karena adanya penumpukan kristal urat. Asam urat wajar diproduksi tubuh namun jika produksi atau kadar asam urat dalam tubuh berlebih dapat menyebabkan gangguan pada sistem pembuangannya sehingga pembentukan kristal urat pada sendi akan meningkat.

Ukuran normal asam urat dalam darah untuk pria dewasa berkisar antara 3,5-7,2 mg/dl, wanita 2,6-6,0 mg/dl, dan pada orang tua, kadar asam urat nilai normalnya sedikit lebih tinggi. Namun asam urat lebih sering mendera pada kaum pria dibanding kaum wanita. Wanita yang menderita asam urat pada umumnya diawali ketika memasuki masa menopause ( berhentinya masa menstruasi ) hal ini dikarenakan hormon esterogen yang dimiliki wanita membantu dalam pembuangan asam urat lewat air kemih atau urine.

Tanaman herbal sidaguri memang dipercaya dapat mengatasi masalah asam urat berlebih, nyeri sendi dan pegal linu. Sebenarnya banyak tumbuhan obat atau herbal untuk mengatasi masalah asam urat, persendian dan pegal linu seperti sidaguri, daun salam, sambiloto, kecubung dan buah sirsak. Setiap tanaman herbal memiliki kandungan senyawa kimia yang berbeda-beda namun tetap mempunyai khasiat yang sama dan luar biasa.

Sidaguri merupakan salah satu pelopor tanaman herbal yang cukup baik dalam mengatasi dan mengobati asam urat. Sidaguri yang memiliki nama ilmiah Sida rhombifolia mengandung tanin sehingga rasa dari daun sidaguri agak pahit, selain itu sidaguri juga memiliki kandungan senyawa lainnya, yakni Alkaloid, kalsium oksalat, asam amino, saponin, polifenol serta minyak atsiri yang memiliki aroma yang khas dan rasa hangat seperti jahe, namn kadarnya lebih rendah. Senyawa paling tinggi dan lengkap terletak pada akar dan batang, sisanya terletak pada daun dan bunga sidaguri.

Kandungan Sidaguri

Kandungan alkaloid ini dapat menghambat terbentuknya enzim oksidase yang menyebabkan penyakit nyeri sendi termasuk asam urat. Alkaloid yang terkandung dalam sidaguri ini bermanfaat sebagai pencegah radang (antiradang), asama, flu, demam, hipertensi, peluruh kencing, penghilang nyeri, kudis, bisul, luka berdarah, sakit gigi dan digigit serangga.

Tanaman sidaguri ini masuk meridian jantung, hati, paru, usus besar dan usus kecil. Khasiatnya sebagai obat antiradang, peluruh kencing, dan penghilang rasa sakit. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tumbuhan dalam keadaan segar atau telah dikeringkan. Cara penggunaan adalah potong-potong akar sidaguri yang telah dikeringkan sebanyak 60 gram, lalu rebus dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus pada pagi hari. Perbanyakan tanaman dengan biji atau setek. Pemeliharannya mudah perlu cukup air dengan penyiraman yang cukup, menjaga kelembapan, dan pemupukan terutama pupuk dasar. Sidaguri menghendaki tempat yang cukup sinar matahari.

Manfaat Sidaguri

Pemanfaatan sidaguri untuk mengobati penyakit asma adalah :
Cuci bersih 60 gram tumbuhan (termasuk akar). tambahkan 30 gram gukla pasir dan 3 gelas air. Rebus bahan hingga airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Pemanfaatan sidaguri untuk mengobati cacing kremi :
Cuci bersih setengah genggam daun sidaguri, lalu digiling halus. Tambahkan 3.4 cangkir air matang dan sedikit garam ke dalam tumbuhan. Peras ramuan hingga keluar airnya. Minum air tersebut 2 kali sehari

Pemanfaatan sidaguri untuk mengatasi sakit gigi
Cuci bersih akar sidaguri secukupnya. Kunyah akar dengan gigi yang sakit, rasakan airnya, dan buang ampasnya. Ulangi pengobatan seperlunya.

Pemanfaatan sidaguri untuk mengatasi disengat lebah
Cuci bersih bunga sidaguri secukupnya. Tumbuk bunga hingga halus dan tambahkan sedikit air, lalu aduk hingga menjadi adonan. Balurkan ramuan di tempat yang disengat lebah.

Pemanfaatan sidaguri untuk mengatasi rasa perut mulas
Cuci bersih akar sidaguri secukupnya dan ½ jahe yang dikupas kulitnya. Kunyah kedua bahan tersebut, lalu telan airnya dan buang ampasnya.

Pemanfaatan sidaguri untuk TBC kelenjar leher
Cuci bersih 60 gram tanaman sidaguri segar, lalu tambahkan 60 gram daging. Potong kecil-kecil lalu tim bahan tersebut. Setelah masak minum airnya dan makan dagingnya.

Sidaguri

CARA PEMESANAN

Kapsul Sidaguri Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi / Rematik Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat

 Harga Kapsul Sidaguri 1 Botol Isi 45 Kapsul = Rp.115.000,-

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat:

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Sidaguri, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap

This entry was posted in Sidaguri and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.