Tanaman Sidaguri ( Sida rhombifolia atau Sida retusa Linn )

Tanaman Sidaguri ( Sida rhombifolia atau Sida retusa Linn ) – Tanaman sidaguri dalam bahasa ilmiah disebut Sida rhombifolia atau Sida retusa Linn. Tanaman sidaguri mudah tumbuh dimana saja, dapat tumbuh liar di tepi jalan, tanah berumput, hutan, ladang dan tempat lainnya yang mendapat sinar matahari yang cukup. Sidaguri banyak tumbuh di daerah tropis di seluruh negara belahan dunia baik dataran rendah maupun dataran tinggi mencapai 1.450 mdpl. Tanaman sidaguri disebut juga saliguri, kahidu dan nama asing dari sidaguri adalah sida hemp, yellow barleria atau walis-walisan.

Tanaman Sidaguri ( Sida rhombifolia atau Sida retusa Linn )

Tanaman Sidaguri ( Sida rhombifolia atau Sida retusa Linn )

Tanaman Sidaguri ( Sida rhombifolia atau Sida retusa Linn )

Cara mudah untuk mengetahui ciri Tanaman Sidaguri ( Sida rhombifolia atau Sida retusa Linn ) ini, adalah :

  1. Sidaguri termasuk tanaman perdu
  2. Dapat tumbuh di daerah tropis, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi tumbuh mencapai 1.450 mdpl
  3. Tinggi tananam sidaguri sendiri 2 m dengan cabang kecil berambut rapat
  4. Tanaman sidaguri berdaun tunggal, letaknya berseling, bentuknya bulat telur atau lanset, tepi daun bergerigi, ujung daun runcing, daun bertulang menyirip, bagian bawah berambut pendek warnanya abu-abu, panjang daun 1,5-4 cm dan lebar 1-1,5 cm
  5. Berbunga tunggal, bunga berwarna kuning cerah yang keluar dari ketiak daun. Uniknya bunga sidaguri bermekaran tiap jam 12 siang dan akan layu kembali 3 jam setelahnya.
  6. Memiliki buah sidaguri dengan 8-10 kendaga, berdiameter 6-7 mm
  7. Akar dan kulit sidaguri bersifat kuat, sehingga kerap kali dimanfaatkan untuk pembuatan tali.

Bagian dari Tanaman Sidaguri ( Sida rhombifolia atau Sida retusa Linn ) yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah akar, daun dan bunga. Namun kebanyakan masyarakat memanfaatkan akar dan daun sidaguri sebagai obat. Manfaat dari tanaman sidaguri sendiri lebih banyak dimanfaatkan untuk mengontrol kadar asam urat dalam darah,meredakan nyeri sendi dan pegal linu. Selain itu sidaguri digunakan sebagai obat sakit gigi, mulas, gatal-gatal, kudis, cacing kremi, sengatan lebah dan asma dll.

Sifat alamiah yang terkandung dalam Tanaman Sidaguri ( Sida rhombifolia atau Sida retusa Linn ) adalah

– Daun : alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, dan minyak asiri.

– Batang : kalsium oksalat dan tanin.

– Akar : alkaloid, steroid, dan efedrine.

Sidaguri memiliki efek farmakologis :

Sidaguri bersifat sebagai tanaman yang manis,pedas dan sejuk. Masuk dalam meridian jantung, hati, paru-paru, usus besar, usus kecil. anti radang ( anti imflamasi ), peluruh kencing ( diuretik ) dan menghilangkan sakit ( analgetik ). Akar sidaguri bersifat manis, tawar dan sejuk.

Cara membudidayakan Sidaguri

Untuk membudidayakan tanaman sidaguri sebagai tanaman obat keluarga anda, pemeliharaannya cukup mudah dengan steak biji atau steak batang. Semak, batang berkayu, bulat, warna putih kehijauan. Daun tunggal, berseling, bentuk jantung, ujung bertoreh, berbulu rapat, warna hijau. Bunga tunggal, bulat telur, di ketiak daun, mahkota bunga berwarna kuning. Buah batu, buah muda berwama hijau, buah tua berwarna hitam.

Kandungan senyawa yang ada di dalam tanamam sidaguri adalah polifenol dan flavonoid yang ada di dalam akar dengan sifat diuretik alami, sehingga asam urat tinggi kemudian akan luruh dan akan keluar bersamaan dengan urin. Sidaguri juga bisa membantu dalam menghambat produksi dari enzim xantin oksidase atau XO. XO merupakan salah satu enzim yang paling berperan dalam terjadinya sintesa asam urat. Dan tanpa adanya enzim ini maka asam ura tidak akan terbentuk dan serangan penyakit gout tidak akan bisa terjadi. Selain itu, kemampuan dari ekstrak kasar flavonoid yang ada di dalam tanaman sidaguri merupakan salah satu penghambat dari aktivitas XO hingga mencapai 55,29%. Dan lewat mekanisme inhibisi kompetitif, selain untuk mengatasi asam urat dan juga penyakit rematik. Sidaguri ini sangat bermanfaat sekali untuk membantu mengobati sakit flu, demam, radang kulit yang bernanah dan mengalami penyakit eksim. Khusus untuk bagian akar sidaguri, biasanya banyak digunakan untuk membantu mengatasi penyakkit influenza, penyakit asma, sakit gigi, sariawan, disentri, susah buang air besar, sembelit, atau juga nyeri sendi atau rematik.

Pengolahan tanaman sidaguri untuk membantu menyembuhkan penyakit asam urat adalah dengan mengambil 5 batang sidaguri, kemudian setelah itu dipotong bagian atasnya sehingga pada bagian yang masih tersisa hanya tinggal akar saja. Kemudian dicuci hingga bersih dan direbus ke dalam gelas atau juga ke dalam wadah yang lain hingga airnya menyusut menjadi setengahnya saja. Saringlah dan kemudian biarkanlah hingga dingin disimpan ke dalam gelas atau juga ke dalam wadah yang tertutup. Minumlah air ramuan sidaguri ini dengan teratur paling tidak 1-2 kali dalam sehari. Akar yang sudah direbus tadi tidak bisa digunakan paling tidak 2 kali. Dan setelah itu langsung buang setelah digunakan ramuannya.

Itulah informasi mengenai tanaman sidaguri dan manfaatnya untuk membantu mengobati berbagai gangguan kesehatan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

Tanaman Sidaguri ( Sida rhombifolia atau Sida retusa Linn )

CARA PEMESANAN

Kapsul Sidaguri Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi / Rematik Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat1 Botol Kapsul Sidaguri Isi 45 Kapsul = Rp.115.000,-

Cara Pemesanan Cepat:

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Sidaguri, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Sidaguri and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>